Welcome!!

Welcome students! atau siapapun yang mengakses blog ini. Ini hanya sebuah blog kecil berisi pembelajaran geografi yang oleh seorang guru yang masih perlu banyak belajar dan mengembangkan diri dalam pembelajaran geografi. semoga blog ini dapat menjadi media info dan bahan untuk sharing pembelajaran geografi bagi kita semuanya.

Kamis, 11 Februari 2016

Seven Summits of Indonesia

Seven Summits adalah sebutan bagi tujuh puncak gunung tertinggi mewakili tiap benua yang ada di bumi. Ketinggiannya mulai dari 4.884 hingga yang tertinggi adalah 8.850 mdpl. Para pendaki gunung pasti memiliki impian untuk berdiri di atas salah satu puncak Seven Summits ini, bahkan bisa jadi ketujuhnya.
Dari situs 7summits.com, ketujuh puncak tertinggi di dunia itu adalah Puncak Carstenzs di Pegunungan Jaya Wijaya, Indonesia (4.884 mdpl), Gunung Vinson di Antartika (4.897 mdpl), Gunung Elbrus di Rusia (5.642 mdpl), Gunung Kilimanjaro di Tanzania (5.895 mdpl), Gunung Aconcagua di Argentina (6.962 mdpl), Gunung Denali di Alaska (6.194 mdpl) dan Gunung Everest di perbatasan Nepal dan Tibet (8.848 mdpl).

http://murderonkilimanjaro.com/
Dibandingkan World Seven Summits, Seven Summits of Indonesia memang masih kurang populer. Konsep Seven Summits of Indonesia yang digagas dan dipopulerkan oleh Hendri Agustin ini kini mulai dikenal dan menjadi dambaan para pendaki gunung Indonesia. Tujuh puncak tertinggi di Kepulauan Indonesia ini secara berurutan dari yang terendah, yaitu Gunung Bukit Raya (2.278 mdpl), Gunung Binaya (3.027 mdpl), Gunung Latimojong (3.430 mdpl), Gunung Semeru (3.676 mdpl), Gunung Rinjani (3.726 mdpl), Gunung Kerinci (3.805 mdpl), dan Puncak Cartenzs (4.884 mdpl).


Gunung Kerinci, titik tertinggi Pulau Sumatera (3.805 mdpl)


Gunung Kerinci berada di perbatasan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi, tepatnya di Bukit Barisan, 130 km di selatan Kota Padang, ibukota Provinsi Sumatera Barat. Letak astronomisnya pada 1o69’ LS dan 101o27’ BT. Kerucut dari gunung ini mempunyai lebar 13 km dan panjang 25 km dari dasar, memanjang dari utara ke selatan.
Pada puncak gunung terdapat kawah dengan lebar 600 meter dan kadang di beberapa tempat di dasar kawah terisi air berwarna hijau kekuning-kuningan. Di sebelah timur terdapat Danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawan yang sangat indah yang hampir tak tersentuh.
Gunung Kerinci adalah salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia yang hingga saat ini mengalami erupsi secara berkala. Letusan terakhir yang cukup besar terjadi pada tahun 2007 dan 2009. Dari puncak Gunung Kerinci pendaki dapat melihat pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera HIndia yang luas dapat terlihat dengan jelas.

Fakta tentang Gunung Kerinci
·         Merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia dan Asia Tenggara.
·         Dikenal dengan nama Puncak Indrapura, Gunung Gadang, Berapi Kurinci, dan Korinci.
·         Berjenis strato vulcano.
·    Berada di Taman Nasional Kerinci Seblat yang ditetapkan sebagai daerah konservasi pada 14 Oktober 1982.
·         Salah satu World Heritage Site untuk Tropical Rainforest Heritage of Sumatra.
·         Habitat harimau sumatra dan badak sumatra.


Gunung Semeru, titik tertinggi Pulau Jawa (3.676 mdpl)


Gunung Semeru sudah tidak asing bagi para pendaki. Apalagi semenjak film 5 CM diangkat ke layar lebar, gunung ini semakin ramai didaki oleh berbagai kalangan. Puncak Gunung Semeru dikenal dengan sebutan Mahameru. Pada puncak gunung ini terdapat kawah yang dikenal dengan sebutan Jonggring Seloka.
Gunung Semeru berada di Jawa Timur, tepatnya di kompleks dataran tinggi Tengger. Secara administratif Gunung Semeru berada di wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang pada posisi 8o65’ LS dan 112o55’ BT. Dari kejauhan, Gunung Semeru terlihat berbentuk kerucut sempurna. Namun, saat berada di puncak, kerucut tersebut nampak seperti kubah yang luas dengan medan beralun di setiap tebingnya.

Fakta tentang Gunung Semeru
·         Gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia.
·         Berjenis strato vulcano dengan kubah lava.
·     Merupakan gunung berapi teraktif di Indonesia karena kawahnya setiap kurang lebih 20 menit sekali akan mengeluarkan letupan abu vulkanik yang kadang disertai batu-batu kecil
·     Karakteristik jalur pendakian bervariasi, seperti sabana, hutan cemara, danau di ketinggian, dan hutan Montana.


Gunung Bukit Raya, titik tertinggi Pulau Kalimantan (2.278 mdpl)


Puncak tertinggi Pulau Kalimantan sebenarnya berada di Gunung Kinabalu (4.095 mdpl). Namun, gunung ini berada di wilayah Malaysia. Oleh sebab itu, puncak tertinggi Pulau Kalimantan di wilayah Indonesia jatuh pada Gunung Bukit Raya.
Gunung Bukit Raya berada di Provinsi Kalimantan Tengah. Namun, rute pendakian termudah adalah melalui Kalimantan Barat karena gunung ini berada di perbatasan kedua provinsi tersebut. Gunung Bukit Raya berada di dalam wilayah Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya (TNBBBR). Taman nasional seluas 181.090 Ha ini merupakan perwakilan dari tipe ekosistem hutan hujan tropis dengan kelembaban relatif tinggi, sekitar 86% yang memungkinkan tumbuhnya berbagai macam tumbuhan. Letaknya yang terpencil dan diselimuti hutan hujan yang lebat membuat gunung ini susah dicapai.

Fakta tentang Gunung Bukit Raya
·         Puncaknya bernama Puncak Kakam atau Puncak Rajawali.
·      Letaknya sangat terpencil sehingga membutuhkan beberapa hari perjalanan untuk sampai di titik awal pendakian.
·      Letaknya yang terpencil membuat biaya pendakian menjadi mahal. Dalam jajaran konsep Seven Summits of Indonesia, gunung ini menduduki urutan kedua sebagai gunung dengan biaya pendakian termahal setelah Cartensz Pyramid.
·         Bukan gunung berapi dan merupakan bagian dari Pegunungan Muller Schwaner.


Latimojong, titik tertinggi Pulau Sulawesi (3.430 mdpl)


Titik tertinggi di Pulau Sulawesi adalah Puncak Rantemario atau dalam bahasa setempat disebut Buntu Rantemario. Puncak ini berada di Pegunungan Latimojong. Pegunungan Latimojong bukan gunung berapi, melainkan jajaran pegunungan dengan beberapa puncak.
Rantemario terletak pada posisi 03o23’01” LS dan 120o01’30” BT dan berada di kawasan 4 kabupaten, yaitu Sidrap, Enrekang, Luwu, dan Tana Toraja. Kondisi ini membuat Latimojong menjadi pegunungan terpanjang di Sulawesi.

Fakta tentang Pegunungan Latimojong
·         Wilayah Pegunungan Latimojong tidak termasuk dalam pengawasan taman nasional.
·         Pada pegunungan ini masih dapat dijumpai anoa dan babi rusa.
·     Hutan Latimojong tergolong tipe ekosistem Montana dengan ketinggian rata-rata 2.000 – 3.000 meter.

Gunung Rinjani, titik tertinggi Kepulauan Sunda Kecil (3.725 mdpl)


Gunung Rinjani berada di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada posisi 8o25’ LS dan 116o28’ BT. Gunung ini menjadi salah satu impian pendaki gunung yang ada di Indonesia, termasuk penulis :D Keindahan alam yang disajikan gunung ini menjadikannya selalu ramai dikunjungi baik oleh pendaki lokal maupun internasional.
Sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera yang memanjang ke arah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat Danau Segara Anak. Danau Segara Anak sering dijadikan tempat memancing oleh para pendaki dan penduduk setempat karena banyak terdapat ikan karper dan mujair yang memang sengaja dikembangbiakan. Air dari Danau Segara Anak mengalir melewati jurang sehingga membentuk air terjun yang indah.
Bagian selatan danau disebut Segara Endut dan di timurnya terdapat gunung baru yang oleh bahasa setempat disebut Gunung Barujari. Gunung Barujari memiliki kawah dengan luas sekitar 170 x 200 meter dengan ketinggian 2.296 – 2.376 mdpl. Pada tahun 1994, Gunung Barujari meletus dan memuntahkan isi perutnya di sekitar Danau Segara Anak.
Rinjani termasuk dalam bagian Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 Ha. Gunung ini mendominasi sebagian besar pemandangan Pulau Lombok bagian utara.

Fakta tentang Gunung Rinjani
·         Gunung api tertinggi kedua di Indonesia.
·         Berjenis strato vulcano dengan danau kawah.
·         Merupakan Seven Summits of Indonesia yang paling sering dikunjungi pendaki mancanegara.


Gunung Binaya, titik tertinggi Kepulauan Maluku (3.027 mdpl)


Gunung Binaya berada di Pegunungan Manusela yang membagi Pulau Seram menjadi dua bagian, yaitu Seram Utara dan Seram Selatan. Layaknya sebuah pegunungan, di Pegunungan Manusela terdapat banyak sekali puncak dan yang tertinggi adalah Gunung Binaya. Tidak ada sejarah pendaki pertama gunung ini. Namun, bagi suku Nuaulu, Binaya adalah tempat yang sangat mereka hormati karena didiami oeh roh para leluhur. Gunung Binaya berada dalam pengawasan Taman Nasional Manusela yang mempunyai luas 1.890 km2 dengan posisi antara 2o48’24” – 3o18’24” LS dan 129o9’33” – 129o46’14” BT.

Fakta tentang Gunung Binaya
·         Pegunungan Manusela merupakan pegunungan karst dan tidak berapi.
·     Kondisi pegunungan bervariasi dari ekosistem pantai, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan, dan hutan sub-alpin.
·      Pendakian dimulai dari titik 0 mdpl untuk jalur selatan (Piliana) dan ketinggian 186 mdpl untuk jalur utara (Kanike).
·      Waktu yang dibutuhkan untuk mendaki Binaya dari rute utara adalah 11 hari perjalanan normal, sedangkan dari rute selatan adalah 8 hari perjalanan normal.


Cartensz Pyramid, titik tertinggi Pulau Papua (4.884 mdpl)


Puncak Cartensz Pyramid atau dikenal dengan Puncak Jaya adalah titik tertinggi di Papua. Puncak ini berada di Pegunungan Sudirman yang dikenal juga dengan sebutan Pegunungan Dugunduguoo atau Pegunungan Nassau. Cartensz merupakan puncak batuan limestones yang terkadang terdapat salju pada musim-musim tertentu. Di kompleks pegunungan ini terdapat gletser. Sayang, karena pemanasan global, lapisan es di pegunungan ini semakin berkurang dari tahun ke tahun.
Cartensz Pyramid berada di wilayah Taman Nasional Loretnz. Taman nasional ini memiliki luas mencapai 2,4 juta hektar sehingga menjadi taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Nama taman nasional ini diambil dari nama penjelajah Belanda, Hendrikus Albertus Loretnz, yang melewati daerah ini pada ekspedisinya (1909). Taman Nasional Lorentz memiliki perwakilan ekosistem terlengkap untuk kekayaan hayati di kawasan Asia Pasifik karena membentang dari puncak gunung yang bersalju hingga ke daerah pesisir pantai berhutan bakau di tepi batas Laut Arafura. Taman nasional ini juga salah satu dari tiga kawasan taman nasional di dunia yang memiliki gletser di daerah tropis.

Fakta tentang Cartensz Pyramid
·    Menjadi puncak tertinggi di Indonesia dan Australia sehingga masuk dalam Seven Smmits of Indonesia dan World Seven Summits.
·         Membutuhkan biaya cuku besar untuk mendaki Cartensz Pyramid.
·         Bukan merupakan rangkaian pegunungan berapi.
·       Satu-satunya puncak dalam konsep Seven Summits of Indonesia yang membutuhkan keterampilan panjat tebing. 6 puncak tertinggi Indonesia lainnya dapat ditempuh dengan berjalan kaki.
·   Bagian dari Taman Nasional Lorentz yang pada tahun 1999 ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.



Agustin, Hendri. 2015. The Seven Summits of Indonesia -  Tujuh Puncak Tertinggi di Tujuh Pulau/Kepulauan Besar Indonesia. Penerbit Andi : Yogyakarta.
Farhan, Afif. 2013. Mengenal Seven Summits Impian Para Pendaki. (online, http://travel.detik.com/read/2013/09/12/120459/2356758/1520/mengenal-seven-summits-impian-para-pendaki).
http://www.the7summitsindonesia.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar